PROFIL KSPPS BMT NITEN



Pada tahun 2002 kondisi riil masyarakat khususnya para pedagang di pasar tradisional masih banyak terjerat rentenir. Pada saat itu belum ada lembaga perbankan yang melayani mereka dengan mudah, sehingga belum dapat mengentaskan mereka dari jeratan rentenir. Mereka tidak punya posisi tawar dengan pihak lain dan kondisi-kondisi lainnya yang serba tidak menguntungkan bagi pedagang kecil.
Padahal dari potensi yang dimiliki oleh mereka yang apabila dikelola oleh sistem kebersamaan, maka akan dapat meningkatkan ekonomi mereka. Dengan memperhatikan permasalahan di atas, maka didirikanlah Koperasi Simpan Pinjam BMT (Baitul Maal wat Tamwiil) Dana Insani oleh 20 orang pendiri pada tanggal 20 Mei 2002.
KSP BMT Dana Insani yang sekarang berubah nama menjadi KSPPS BMT NITEN merupakan lembaga keuangan mikro syari'ah yang notabenenya adalah lembaga keuangan dari, oleh dan untuk anggota dengan prinsip operasionalnya mengacu pada prinsip-prinsip syari'ah. KSP BMT Dana Insani dibentuk dalam upaya memberdayakan umat secara kebersamaan melalui kegiatan simpanan dan pembiayaan serta kegiatan-kegiatan lain yang berdampak pada peningkatan ekonomi anggota dan mitra binaan ke arah yang lebih baik, lebih mapan, serta lebih sejahtera.

Sebagai lembaga yang mengemban misi sosial, maka dibentuklah divisi Baitul Maal yang dikelola secara profesional agar dapat berjalan secara optimal dalam melayani dan mensejahterakan masyarakat.

KSP BMT Dana Insani berdiri pada tanggal 20 Mei  2002 dengan Badan Hukum No 042/BH/VI/2004, tanggal 26 Juni 2004 di Bantul. Perubahan nama menjadi KSPPS BMT Niti Tentrem Nugraha (NITEN) terjadi pada tahun 2016 melalui Rapat Perubahan Anggaran Dasar yang dilaksanakan bersamaan dengan RAT Tutup Buku Tahun 2016 tanggal 6 Februari 2016




         VISI :


           Menuju Tatakelola Lembaga Keuangan Syariah yang Profesional, Kompeten, Mandiri, dan Mensejahterakan Anggota

MISI:

1.      Restrukturisasi Organisasi yang efektif dan efisien
2.    Memperbaharui Standar Operasional Pembiayaan dan Prosedur Kelembagaan sesuai Syariah
3.      Peningkatan Kwalitas dan Kwantitas Sumber Daya Manusia
4.      Penguatan modal dan Perbaikan System Keuangan Lembaga
5.      Pembinaan dan pendampingan usaha produktif / jasa anggota
















KSPPS BMT NITEN
Jl. Bantul Km. 6 Nyemengan Tirtonirmolo Kasihan Bantul
(0274) 6463646



Komentar